Selasa, 20 September 2016

Cara Paling Mudah Menanam Pohon Anggur Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Pohon Anggur - Buah anggur adalah salah satu tanaman merambat. Buah ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau dapat diolah menjadi jus atau bahan makanan lainnya. Buah ini juga dapat diolah menjadi kismis. Rasanya manis dan sedikit asam. Bentuknya ada yang bulat dan oval.Warnanya juga bervariasi  ada merah, ungu, dan hijau. Buah anggur mengandung vitamin yang dapat menghambat terjangkitnya kanker dan penyakit lainnya. Selain itu juga bermanfaat sebagai anti-radikal bebas. Cara menanamnyapun mudah bisa tumbuh didalam pot atau langsung di sebarkan di halaman rumah.


Pemilihan bibit tanaman

Langkah awal untuk memulai menanam anggur adalah dengan memilih bibit yang baik untuk ditanam. Kualitas bibit sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya. Jadi pilihlah bibit yang memiliki kualitas yang sudah terbukti. Bibit anggur dapat dibeli langsung ditoko pertanian sekitas rumah anda.



Pemilihan Pot
Cara Menanam Pohon Anggur 
Pemilihan pot dianggap menjadi hal yang penting dalam menanam anggur. Untuk penanaman anggur dihalaman rumah sudah jelas orientasinya pada keindahan tanaman. Maka dari itu pilihlah pot dengan bentuk yang unik, ini akan menjadi nilai tersendiri bagi yang melihatnya. Pilihlah pot tanaman yang terbuat dari bahan tanah.Pada pot yang terbuat dari  tanah, pot memiliki daya resap air yang baik untuk menjaga kelembaban media tanam.  Akar tanaman anggur memang tidak bisa mengalami kekeringan. Apabila akar mengalami kekeringan maka tanaman akan menguning dan mati.model-model pot tanah



Persiapan Media Tanam

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan media tanam anggur. Pertama-tama isi pot tanaman dengan memberikan tanah yang gembur sebagai dasar tanaman. Hal ini dilakukan agar air yang diberikan ketanaman nantinya tidak mudah keluar dari pot. Setelah itu siapkan media tanam berupa pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Campurkan kedua bahan tersebut hingga benar-benar  tercampur merata. Setelah itu berikan pecahan batu bata atau sebagainya kedasar pot. Lalu baru masukkan media tanam yang telah disiapkan ke dalam pot hingga hamper penuh.



Teknik Penanaman
Cara Menanam Pohon Anggur 
Cara penanaman pun tidak begitu sulit, kita hanya harus membuat lubang tanam pada pot yang telah disiapkan media tanamnya. Buat lubang dengan lebar menyesuaikan tanaman kedalamannya pun harus disesuaikan dengan akarnya.  Setelah itu bibit yang tadinya ada didalam polybag dikeluarkan untuk ditanam kedalam pot. Tanam bibit anggur dengan tegak, usahakan agar akar tertanam dengan sempurna.  Setelah itu siram tanaman dengan merata. Dan letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.



Perawatan Tanaman

Ada beberapa teknik perawaatan yang harus dilakukan agar tanaman dapat berbuah dengan baik.PenyiramanPenyiraman baik dilakukan setiap hari. lakukan



penyiraman

 tanaman pada sore hari. Gunakan handsprayer untuk menyiram tanaman agar tidak merusak media tanam yang terbuat dari pasir. Apabila kita menyiramnya menggunakan gayung maka akan merusak media tanam serta akar menjadi bergerak. Namun apabila tidak memiliki handsprayer proses penyiraman dapat disiasati dengan melubangi bagian bawah gayung. Lubangi yang banyak bagian bawahnya agar tekanan air tidak terlalu kuat.



Pemberian Ajir

Pemberian ajir sangatlah penting bagi tanaman anggur. Ajir diberikan pada tanaman anggur agar tanaman dapat berdiri tegak dengan baik. Berikan ajir dengan menggunakan bambu yang tingginya 100cm. Tancapkan bambu pada media tanam agar tanaman anggur dapat merambat dengan bantuan sulurnya. Setelah tanaman tumbuh lumayang tinggi maka berikan topangan dengan memberikan bilah bambu yang ditanam dipinggiran pot. Berikan empat buah bamboo sebagai penopang bentuknya. Lalu bentuk tanaman membulat mengitari bilah bamboo yang telah disediakan. Dengan cara itu maka tanaman akan terlihat lebih indah. Berikut adalah gambar model ajir untuk tanaman anggur.



Pemupukan
Cara Menanam Pohon Anggur 
Selanjutnya langkah yang harus diberikan pada tanaman anggur adalah pemberian pupuk dengan memberikan pupuk urea kedalam media tanam anggur. Dosis urea yang harus diberikan adalah 1-2 sendok makan per tanaman. Setelah itu siram dengan sedikit air sampai permukaan agak terlihat basah.



Bagaimana agar tanaman bisa cepat berbuah?

Usaha yang dapat dilakukan agar tanaman dapat cepat berbuah adalah dengan cara melakukan pemangkasan. Lakukan pemangkasan pada cabang tersier tanaman. Lakukan pemangkasan pada cabang tersier ketika cabang tersebut sudah berwarna kecoklat-coklatan tepatnya pada umur 3 bulan atau lebih. Lakukanlah pemangkasan hanya pada tunas yang menonjol.Pemangkasan pertama bunga yang tumbuh masih sangat kecil, pada pemangkasan kedua aak sedikit besar begitu seterusnya. Bunga yang tumbuh akan terus membesar dan nantinya akan menjadi buah yang berukuran kecil. Buah akan tumbuh ketika berumur 3-4 bulan setelah pemangkasan pertama. Setelah tanaman mulai belajar berbuah lakukanlah penyiraman dengan rutin setiap sore hari. Lakukan juga pemupukan dengan memberikan pupuk NPK sebanyak 2 sendok makan per 30 hari.


Itu kawan Cara Menanam Pohon Anggur  yang mudah dan cepat berbuah.selain buah anggur bisa di petik dan di makan penanam pohon anggur di pot juga membuat suasana rumah anda jga semakin cantik dan unik.semoga artikel saya di atas bermanfaat buat anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Paling Mudah Menanam Pohon Anggur Agar Cepat Berbuah

0 komentar:

Posting Komentar

histats